WhatsApp Rilis Fitur Screen Sharing untuk Video Call, Sama dengan Zoom

Teknologi64 Views

FALIHMEDIA.COMWhatsApp sedang mengembangkan fitur baru yang memiliki fungsi mirip platform panggilan video seperti Zoom dan Microsoft Teams, yaitu Screen Sharing atau berbagi layar selama panggilan video.

Fitur ini telah diluncurkan pada versi 2.23.11.19 WhatsApp, seperti yang dikutip dari WABetaInfo pada Rabu (31/5/2023) lalu.

Pengguna akan menemukan ikon screen sharing pada navigasi di bagian bawah layar panggilan video. Dengan meng-klik ikon ponsel dan panah menunjuk keluar, pengguna dapat mulai membagikan layar perangkat selama panggilan berlangsung.

Setelah pengguna setuju untuk membagikan layar, semua konten pada layar perangkat pengguna akan ditampilkan ke pengguna lainnya.

Pengguna memiliki kendali penuh atas fitur baru WhatsApp ini dan meskipun transmisi konten layar akan terus berlangsung selama panggilan video, pengguna dapat menghentikan proses ini kapan saja.

Artinya, fitur hanya akan aktif jika pengguna memberikan persetujuan untuk membagikan konten layar perangkat.

Sayangnya, saat ini fitur baru masih tersedia untuk penguji beta Android tertentu, namun akan diluncurkan ke lebih banyak pengguna dalam beberapa minggu mendatang.

Namun, fitur berbagi layar ini juga mungkin tidak dapat berfungsi pada model Android lama, panggilan grup dengan banyak anggota, atau dengan pengguna yang tidak mengunduh versi terbaru WhatsApp.

“Penerima mungkin tidak bisa mendapatkan konten layar Anda jika mereka menggunakan WhatsApp versi lama,” tulis WABetaInfo melalui blog resminya.

Fitur username yang mirip dengan Telegram dan Twitter juga sedang dikembangkan oleh WhatsApp. Pembaruan ini termasuk dalam WhatsApp Beta untuk Android yang memungkinkan pengguna memilih nama atau handle unik mereka sendiri.

Username WhatsApp ini dapat menjadi perubahan yang signifikan dalam cara pengguna menemukan akun satu sama lain, sekaligus meningkatkan privasi.

Pengguna dapat bertukar username yang telah ditentukan alih-alih membagikan nomor telepon pribadi atau kode QR, yang lebih aman karena username tidak harus memuat nama asli pengguna.

Cara kerja fitur username pada aplikasi WhatsApp belum jelas. Batasan atau syarat username yang dapat digunakan pengguna juga belum diketahui.

Namun, fitur ini bekerja pada WhatsApp Beta Android versi 2.23.11.15 dan kemungkinan akan segera hadir di pembaruan aplikasi mendatang.

“Kemampuan untuk mengatur nama pengguna WhatsApp sedang dalam pengembangan dan akan dirilis ke penguji beta dalam pembaruan aplikasi di masa mendatang,” tulis WABetaInfo dalam postingan blognya, dikutip Jumat (9/6/2023).

WhatsApp akan memperkenalkan fitur username di dalam pengaturan aplikasi. Untuk membuat username, pengguna cukup mengakses menu “Settings“, lalu masuk ke “Profil“. Dengan fitur ini, pengguna dapat menjangkau orang lain hanya dengan memasukkan username, tanpa perlu mengetahui nomor telepon mereka.

Selain itu, WhatsApp juga telah menggulirkan fitur-fitur baru lainnya seperti Chat Lock dan pengeditan pesan yang sudah dikirim. Dengan adanya update ini, pengguna akan semakin mudah dan nyaman dalam menggunakan aplikasi WhatsApp.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment