Warga Saur Saebus Sapeken Gembira Terima Layanan UHC

FALIHMEDIA.COM | SUMENEP – Warga Desa Saur menikmati layanan kesehatan gratis atau Universal Health Coverage (UHC), di Kantor Desa Saur Saebus, Kecamatan Sapeken, Kabupaten Sumenep, pada Selasa (18/04/2023) kemarin.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara Himpunan Mahasiswa Kepulauan Sapeken Sumenep (HIMPASS) mengabdi ke-5 di Pulau Saur, Sapeken.

Pelaksanaan cek kesehatan gratis ini berkat kerjasama HIMPASS dengan Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Sumenep melalui Puskesmas Sapeken.

Proses layanan ini sangat singkat, cukup membawa identitas kependudukan berupa KTP atau KK.

Hasing, salah satu warga yang ikut merasakan layanan mengaku senang dan terbantu dengan adanya kegiatan tersebut, tanpa harus berlayar kepulau tetangga atau Sapeken untuk mendapatkan pelayanan.

“Alhamdulillah, kali ini saya dengan keluarga bisa mendapatkan kesehatan gratis tanpa mengeluarakan biaya sepersenpun,” ungkapnya.

Sementara Mabnu dari pihak Puskesmas Sapeken menyampaikan, kegiatan tersebut harus dilakukan terus-menerus sehingga masyarakat semua bisa merasakan pelayanan kesehatan secara gratis.

Kegiatan tersebut berlangsung secara maksimal dari penyuluhan, pemeriksaan, dan pemberian obat.

Tidak hanya itu, ia juga turut mengapresiasi kegiatan yang digelar HIMPASS, karena sangat bermanfaat dan memberikan ruang untuk puskesmas dalam mengenalkan program UHC.

“Kami sangat mengapresiasi dengan kegiatan adik-adik HIMPASS, yang sangat bermanfaat untuk masyarakat di kepulauan, khususnya di Desa Saur Saibus. Dan satu-satunya organisasi mahasiswa yang ada di kepulauan mampu untuk mengadakan kegiatan ini sekaligus mampu berkaloborasi dengan dinas kesehatan,” ungkapnya.

Sementara Pj Kepala Desa Saur Saebus, Marjuni turut memberikan penilaian atas layanan kesehatan tersebut.

Menurutnya, dengan adanya kegiatan ini mampu menjaga kesehatan masyarakat, setelah melandainya masa pandemi Covid-19.

“Kami ucapkan sangat terima kasih kepada adik-adik mahasiswa yang tergabung dalam organisasi HIMPASS, karena mampu menjadi penawar dari kegelisahan yang ada di masyarakat. Hadir dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat kami. Sekali lagi kami ucapkan terimakasih,” pungkas Marjuni. (Gun, Han/Red/Falih Media)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment