Tingkatkan Kualitas Pendidikan, PKBM Saunggaling Cabang Giligenting gelar Program Belajar Rutin kepada Masyarakat

  • Share
Proses Belajar Mengajar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Saunggaling Cabang Giligenting, Dusun Julung Lao', Desa Galis, Kecamatan Giligenting Sumenep (Foto: Susriyadi)

FALIHMEDIA.COM | GILIGENTING – Di Kecamatan Giligenting, akses pendidikan belum sepenuhnya merata. Hal tersebut, terlihat masih ada sebagian masyarakat yang belum dapat menempuh program pendidikan 12 tahun, menyikapi hal tersebut Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) menggelar program belajar rutin kepada masyarakat demi meningkatkan kualitas pendidikan di Kecamatan Giligenting.

Hadirnya PKBM Saunggaling ini mendapat apresiasi oleh banyak kalangan karena dianggap sudah terlihat keberhasilannya dalam menjadi tempat yang ramah dan nyaman bagi masyarakat setempat.

Program PKBM Saunggaling  yang hadir di Kecamatan Giligenting pada awalnya merupakan hasil kerjasama antara PT Falih Media Utama dengan Yayasan Ar-Rasyid, yang  kemudian menjadi cabang dari PKMB Saunggaling Kabupaten Sumenep.

Proram belajar PKBM Saunggaling yang berhasil dijalankan antaranya Program kejar paket A yang diikuti oleh 22 Peserta, Program Paket B sebanyak 22 Peserta, Program Kejar Paket C sebanyak 26 Peserta. Program tersebut diselenggrakan setiap hari Jumat yang berlokasi di Sekretaris Yayasan Ar-Rasyid Dusun Julung Lao’, Desa Galis, Kecamatan Giligenting.

Menurut sekretaris PKBM Saunggaling Cabang Giligenting, M. Rifa’i menjelaskan bahwa kehadiran PKBM Saunggaling di Kecamatan Giligenting merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas pendidikan bagi seluruh masyarakat.

“Adanya PKBM Saunggaling Cabang Giligenting memiliki tujuan agar program pendidikan dapat diakses oleh seluruh masyarakat di Kecamatan Giligenting sehingga pada akhirnya kualitas pendidikan masyarakat mengalami peningkatan. Tentunya hal tersebut perlu dilakukan secara rutin,” jelas Rifa’i kepada Tim Falihmedia.com, Jumat (24/05/2024).

Rifa’i juga berharap program tersebut dapat memberikan banyak manfaat dan nilai positif bagi kehidupan masyarakat sekitar.

“Kami berharap program pembelajaran rutin ini dapat memberikan berbagai manfaat dan dampak positif yang akhirnya dapat melahirkan masyarakat unggul dan berkualitas sehingga memiliki daya saing yang tinggi,” tutupnya.

Sementara itu, Koordinator Tutor PKBM Saunggaling Cabang Giligenting,  Ahmad Zubairi mengungkapkan perlunya adanya kehati-hatian dalam segi penyampaian materi, strategi pembelajaran yang disajikan.

“Kita perlu menerapkan sebuah sikap kehati-hatian dalam proses pembelajaran yang akan disajikan baik itu penyampaian materi maupun stretegi pembelajarannya agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara optimal sehingga dapat memberikan pengalaman dan pemahaman yang terbaik bagi masyarakat,” ungkap  Ahmad Zubairi.

Zubairi juga menyampaikan rasa terimakasihnya karena telah dilibatkan dalam program sosial yang digelar oleh PKBM Saunggaling Cabang Giligenting.

“Kami sangat bersyukur, ada diprogram ini, selain mengasah ilmu juga belajar ikhlas, sabar dan yang terpenting ilmu kami bisa bermanfaat,” tandas Ahmad Zubairi.

  Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber falihmedia.com

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *