Sebanyak 300 Armada Bus Disiapkan Untuk Layani Angkutan Mudik Lebaran di Terminal Arya Wiraraja Sumenep

News60 Views

FALIHMEDIA.COM | SUMENEP – Untuk memanimalisir terjadinya lonjakan pemudik, sebanyak 300 armada bus disiapkan melayani masyarakat dalam melakukan mudik lebaran, di Terminal Arya Wiraraja Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Satuan Pelayanan Terminal (SPT) Tipe A Arya Wiraraja Sumenep, memperkirakan lonjakan penumpang akan terjadi mulai H-15 Idulfitri 1444 Hijriah.

“Kami siapkan 300 bus atau 100 persen penambahannya dibanding hari-hari biasanya. Ini mengacu pada tahun sebelumnya,” kata Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Arya Wiraraja Sumenep, Handoko Imam Hanafi. Rabu (29/3/2023) kemarin.

Hanafi memaparkan, dari 300 armada itu 200 bus di antaranya adalah Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Kemudian, 100 bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

“Biasanya AKDP 100 dan AKAP 50. Itupun tidak jalan semuanya tiap hari,” tuturnya.

Menurut Hanafi, penambahan armada angkutan ini untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan jumlah penumpang terutama menjelang Lebaran nanti.

“Di moment mudik lebaran nanti penumpang perharinya baik yang keluar dan masuk terminal Arya Wiraraja baik dalam Provinsi maupun antar Provinsi diperkirakan bisa mencapai di atas 1.200 hingga 1.300 orang. Kalau hari biasa, rata-rata 500 orang baik yang datang maupun keluar,” ungkapnya.

Hanafi mengaku bahwa pihaknya akan mengintensifkan pengecekan armada angkutan untuk memastikan kelayakannya sebelum beroperasi. Hal itu dilakukan untuk memastikan keselamatan penumpang terutama di moment mudik lebaran.

“Pada moment mudik nanti kami akan lebih mengintensifkan pengecekan armada angkutan baik surat-surat maupun lampu dan sebagainya,” pungkasnya. ( Nita, Fer, Red/Falih Media)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment