Sambut Bulan Suci Ramadhan, Masyarakat Dusun Julung Laok Bersihkan Pemakaman Umum

News86 Views

FALIHMEDIA.COM | GALIS – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, masyarakat Dusun Julung Laok membersihkan pemakaman umum di Ghel Sami’ Dusun Bundan Laok, Desa Galis, Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep pada Jumat (17/3/2023).

Kegiatan tersebut dimulai sejak pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 10.30 WIB, dan diikuti oleh puluhan masyarakat Dusun Julung Laok dan Dusun Bundan Laok.

Kepala Dusun Julung Laok, Moch Rasyidi melalui Asnabi mengatakan bahwa kegiatan bersih-bersih dipemakaman umum tersebut pihaknya berkoordinasi dengan RT dan RW.

“Minggu lalu memang sudah di umumkan bahwa hari ini akan mengadakan gotong royong dipemakaman umum, selain itu, sebelumnya juga sudah mengintruksikan kepada RT RW,” kata kadus Asnabi kepada Falihmedia.com.

Selain membersihkan rumput dan daun kering, ucap Asnabi juga menebang pohon-pohon yang rindang yang mengganggu disekitaran pemakaman.

“Seperti pohon bidara dan pohon jaran kami tebang dengan menggunakan 2 alat mesin gergaji, karna selain bisa cepat pembersihannya masyarakat juga kompak,” ucapnya.

Untuk biayanya sendiri, jelas Asnabi tidak ada karna masyarakat sudah mengerti dan suka rela dalam melaksanakan gotong royong.

“Untuk bensin dan oli yang digunakan gergaji mesin, sudah disediakan sendiri oleh masing-masing yang memiliki gergaji mesin dan untuk snack dan air minum juga disediakan oleh RT 003,” jelasnya.

Selain itu, Ketua Rt 003, Ekawati mengatakan selain mengadakan gotong royong tempat tersebut akan diberikan penerangan lampu.

“Sudah kami siapkan jauh-jauh hari alat untuk penerangan menggunakan tenaga surya, namun karna dari kemarin tempat ini masih banyak pohon-pohon yang rindang jadi baru hari ini akan kami pasang,” katanya.

“Dengan dibersihkan dan di beri penerangan, jadi tempat ini tidak mistis lagi karna pohon-pohon yang rindang juga sudah dibersihkan,” pungkasnya. (Rif/Team)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment