Rutan Sumenep Terus Lakukan Perekaman Bagi Warga Binaan Menjelang Pemilu 2024


FALIHMEDIA.COM | SUMENEP – Menjelang pemilihan umum (pemilu) tahun 2024, sejumlah warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas IIB Sumenep melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el). Jumat (7/4/2023).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan mengundang Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat untuk melakukan perekaman di dalam Rutan Sumenep sejak Kamis (06/04/2023) kemarin.

Kepala Disdukcapil Sumenep Ach. Syachwan Effendy melalui Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Wahasah menyampaikan bahwa ada 18 warga binaan rutan yang dilakukan perekaman biometrik kependudukan.

“Ada 18 warga binaan rutan yang dilakukan perekaman, 15 di antaranya penduduk Sumenep dan tiga lainnya masing-masing penduduk Banyuwangi, Pamekasan, dan Sampang,” jelas Wahasah.

Selain melaukan perekaman KTP-el, Dispendukcapil juga melakukan pengecekan atau melakukan proses verifikasi Nomor Identitas Kependudukan (NIK) kepada warga binaan lainya untuk disinkronisasi.

“Meski punya KTP, tetapi NIKnya tidak sinkron maka harus dilakukan proses sinkronisasi data”, terang Wahasah.

Sementata itu, Kepala Rutan Sumenep Ridwan Susilo menjelaskan bahwa perekaman KTP-el untuk warga binaanya adalah dalam rangka persiapan pemilu 2024.

“Perekaman KTP ini tujuannya sebagai persiapan kita menjelang pemilu 2024, agar warga binaan rutan juga bisa menggunakan haknya sebagai pemilih nanti,” tandasnya. (Miko, Han, Red/Falih Media)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment