Resep Cireng Bandung Tanpa Isi Rasa Enak Asli Aci

Food73 Views
cireng-bandung-tanpa-isi-rasa-enak-asli-aci

FALIHMEDIA.COM – Meskipun bahan adonan dasar cireng asli terbuat dari tepung aci, namun resep cireng Bandung enak tanpa isi memiliki aneka macam variasi.

Tips atau cara mengolah adonan lah yang membuat cireng (aci goreng) tanpa tepung terigu yang sederhana menjadi berbeda pula, baik tekstur maupun bentuk tampilannya.

Cireng merupakan salah satu dari aneka kuliner populer khas masyarakat Sunda yang sudah sangat terkenal di nusantara.

Tak hanya sebagai menu cemilan rumahan yang enak dan mantap, jajanan cireng untuk jualan seperti yang dijual ala abang-abang gorengan dari yang biasa hingga bertekstur renyah crispy anti gagal dapat kita buat dengan mudah.

Selain disajikan sederhana dengan sambal bumbu kacang atau isian sambal oncom, cireng asli Bandung yang renyah dan gurih juga sangat populer dengan variasi isi dan aneka rasa lainnya.

Akan tetapi untuk cara membuat cireng yang enak kali ini, sudah benar-benar terasa nikmat walau tanpa isi atau dihidangkan hanya dengan saus sambal, apalagi bila ingin dipadukan dengan berbagai kombinasi isi.

Beberapa cara untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah juga telah dijelaskan prosesnya di bawah ini dengan mudah, yang sengaja dikumpulkan karena walaupun menggunakan bahan adonan cireng yang sama dari aci tetapi berbeda cara dan tingkat kekalisan adonan juga akan menghasilkan jenis cireng yang berbeda pula. Untuk lebih jelasnya bisa kita lihat proses pembuatan pada masing-masing resep cireng tanpa isi rasa enak di bawah ini.

Resep Cireng Crispy Saus Asam Manis PedasVariasi pertama adalah membuat cireng yang lebih renyah, yang sedang populer dijual abang-abang gorengan dan lagi ngetrend sebagai cireng crispy tetapi kita kreasikan penyajiannya dengan saus asam manis pedas. Khusus untuk bumbu rujak dapat dilihat dalam resep cireng lainnya dalam blog ini.

Bahan dan bumbu:
150 gram tepung aci (tapioka/kanji)

¼ sdt merica

½ sdt bawang putih, dihaluskan

½ sdt kaldu ayam

1 batang daun bawang, iris

Garam secukupnya

Sedikit tepung aci untuk taburan

Biang:
50 gram tepung aci

150 ml air

Cara Membuat Cireng Renyah Crispy:
Campur dan aduk rata tepung aci, merica, bawang putih, daun bawang dan kaldu bubuk lalu sisihkan.

Campur rata bahan biang kemudian masak sambil terus diaduk hingga mendidih dan adonan mengental seperti lem, matikan api.

Masukkan adonan tepung pertama ke dalam adonan biang dengan cara sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan tangan supaya rata.

Tipsnya adonan jangan sampai kalis tetapi cukup diaduk dengan cara dicubit-cubit saja atau seperti dipijit-pijit pakai jari-jari tangan.

Selanjutnya adonan dibentuk menjadi bulat-bulat pipih dan jangan terlalu tipis, taburkan tepung aci di telapak tangan supaya adonan tidak lengket di tangan dan tidak menempel satu sama lainnya, lakukan sampai adonan habis.

Panaskan minyak, goreng adonan dengan api sedang hingga matang merata, jangan gunakan api terlalu besar agar tidak menggelembung, angkat dan tiriskan lalu sajikan.

Cireng juga biasa disajikan dengan bermacam saus bumbu, seperti sambal terasi, saus kacang, sambal rujak atau bisa juga mencoba saus segar sederhana bercita rasa asam, pedas dan manis kombinasi jeruk sunkist kali ini.

Bahan saus asam manis:
1 buah jeruk sunkist, peras airnya

200 ml air

1 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

1 sdm gula pasir

Sejumput garam

8 buah cabe rawit merah, iris tipis

Cara Membuat Saus Cocolan:
Didihkan air, masukkan air jeruk, irisan cabe, garam dan gula.

Aduk terus hingga rata kemudian masukkan larutan maizena.

Setelah mendidih dan mengental, matikan api lalu angkat dan sajikan.

Resep membuat cireng di atas merupakan salah satu kreasinya, adapun variasi cireng enak lainnya yang dahulu biasa dan sering kita temukan di penjual gorengan tradisional di Bandung adalah cireng dengan ciri khas sedikit kenyal dan sedikit alot.

Resep Cireng Biasa, Alot dan Kenyal yang Pas
Tepung yang digunakan juga hanya menggunakan tepung aci saja, jadi tetap tidak menggunakan campuran terigu.

Namun ada sedikit tips untuk membuatnya supaya tidak gagal, yaitu membuat adonan biang serta penggunaan minyak yang tidak terlalu panas supaya hasilnya matang merata dan empuk mengembang, untuk lebih jelasnya silahkan simak proses pembuatannya sebagai berikut:

Bahan dasar:
300 gram tepung aci (tapioka)

1 batang daun bawang, iris tipis

Tepung aci untuk taburan supaya tidak lengket

Minyak untuk menggoreng

Bahan biang:
100 gram tepung aci

400 ml air

1 sdm ketumbar, haluskan

4 siung bawang putih, haluskan

Garam dan penyedap rasa secukupnya

½ sdt merica

1 sdm minyak goreng

Cara Membuat Cireng Bandung:
Siapkan panci, tuang 100 gram tepung aci lalu aduk dengan 400 ml air kemudian masukkan ketumbar dan bawang putih halus, garam, penyedap rasa, merica dan 1 sdm minyak goreng lalu aduk rata.

Masak dengan menggunakan api kecil sambil terus diaduk hingga mengental dan warnanya berubah menjadi bening, matikan api.

Masukkan irisan daun bawang kemudian aduk dan uleni adonan dengan sendok kayu sambil memasukkan 300 gram tepung aci sedikit demi sedikit hingga adonan menjadi kalis dan mudah dibentuk.

Bila adonan sudah tidak terlalu panas uleni dengan tangan agar adonan merata sempurna.

Bentuk adonan menjadi bulat-bulat pipih lalu taburi dengan sedikit tepung aci agar tidak lengket.

Setelah itu goreng adonan cireng dengan minyak panas di atas api kecil, bolak-balik agar matang merata lalu angkat dan tiriskan.

Perlu diingat bahwa apabila minyak terlalu panas sebaiknya matikan api terlebih dahulu.

Pengalaman saya, penggunaan minyak yang terlalu panas membuat cireng menjadi tidak merata sempurna dan kurang mengembang.

Resep Cireng Santan Tanpa Isi
Beriktunya adalah variasi penggunaan santan pada adonan cireng yang lebih gurih, untuk melengkapi kreasi cireng sebagai menu cemilan di rumah.

Bahan dan bumbu:
¼ kg tepung aci/ kanji/ tapioka

1 sendok makan tepung terigu

2 batang daun bawang, iris tipis

2 batang daun seledri, iris tipis

4 siung bawang putih, haluskan

½ sdt merica

1 gelas/ 200 ml santan

Garam dan penyedap secukupnya

Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Cireng Santan:
Campur tepung aci dengan terigu ke dalam sebuah wadah, beri merica, garam dan penyedap serta irisan daun bawang dan daun seledri lalu aduk rata.

Tumis bawang putih halus hingga harum, masukkan santan lalu aduk dan masak sampai mendidih.

Angkat dan langsung tuang ke dalam adonan tepung sambil diaduk rata lalu diuleni dengan tangan hingga kalis.

Bentuk adonan sesuai selera atau dibentuk bulat dan dipipihkan lalu digoreng dengan minyak panas menggunakan api kecil hingga warnanya kecoklatan dan matang merata.

Angkat, tiriskan kemudian sajikan selagi panas.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment