Perbedaan Rosacea dan Jerawat yang Sering Diidentifikasi Keliru


FALIHMEDIA.COM – Rosacea dan Jerawat adalah dua kondisi kulit yang seringkali keliru diidentifikasi sebagai kondisi yang sama.

Kondisi kulit ini terkadang tampak mirip, namun sebenarnya berbeda. Memahami perbedaan antara Rosacea dan jerawat sangat penting dalam memilih pengobatan yang tepat.

Sebelum membahas perbedaan Rosacea dan Jerawat, perlu diketahui apa itu rosacea dan apa itu jerawat:

Rosacea adalah kondisi kulit kronis yang menyebabkan kemerahan dan pembengkakan pada wajah. Kondisi ini umumnya mempengaruhi orang dewasa dengan kulit sensitif.

Orang dengan Rosacea mungkin mengalami kemerahan pada pipi, hidung, dagu, dan dahi mereka. Mereka mungkin juga mengalami pembengkakan, bintik-bintik merah, dan kadang-kadang pustula.

Gejala Rosacea meliputi
Kemerahan pada wajah yang terus-menerus

Pembengkakan pada wajah

Bintik-bintik merah atau kecoklatan pada wajah

Pustula atau benjolan kecil pada wajah

Mata kering atau gatal


Faktor Penyebab Rosacea
Penyebab Rosacea masih belum diketahui secara pasti. Namun, beberapa faktor telah dikaitkan dengan kondisi ini, termasuk:

Genetik

Paparan sinar matahari dan suhu yang ekstrem

Makanan pedas

Alkohol

Stres


Pengobatan Rosacea
Pengobatan Rosacea bertujuan untuk mengurangi gejala dan mencegah flare-up. Beberapa pilihan pengobatan yang tersedia termasuk:

Obat-obatan topikal

Antibiotik oral

Laser atau terapi cahaya

Perubahan gaya hidup


Sedangkan Jerawat adalah kondisi kulit yang terjadi ketika folikel rambut di kulit tersumbat oleh sebum, sel kulit mati, dan bakteri. Jerawat dapat terjadi pada area wajah, leher, dada, dan punggung. Jerawat terdiri dari beberapa jenis, termasuk komedo, papula, pustula, nodul, dan kista.

Jenis-jenis Jerawat

Komedo
Jerawat yang terbentuk ketika pori-pori kulit terbuka, sehingga terlihat sebagai bintik hitam atau putih di kulit.

Papula
Jerawat yang muncul sebagai benjolan kecil, merah dan meradang pada kulit.

Pustula
Jerawat yang berisi nanah dan memiliki kepala putih atau kuning.

Nodul
Jerawat yang terbentuk di bawah permukaan kulit dan berukuran besar, keras, dan menyakitkan.

Kista
Jerawat yang berisi nanah dan terbentuk di dalam kulit, terasa lunak, dan berukuran besar.

Faktor Penyebab Jerawat
Beberapa faktor yang dapat menyebabkan jerawat meliputi:

Produksi sebum yang berlebihan

Sel kulit mati yang menumpuk di pori-pori kulit

Bakteri P.acnes yang terinfeksi

Perubahan hormonal, seperti saat pubertas atau menstruasi

Faktor genetik

Penggunaan kosmetik atau produk perawatan kulit yang menyumbat pori-pori kulit.


Pengobatan Jerawat
Pengobatan jerawat dapat meliputi penggunaan obat-obatan topikal, oral, atau prosedur medis seperti terapi cahaya atau pengelupasan kimia. Perubahan gaya hidup seperti menjaga kebersihan kulit dan menghindari faktor yang memicu jerawat juga dapat membantu mengurangi gejala.

Sedangkan Perbedaan antara Rosacea dan Jerawat
Meskipun Rosacea dan jerawat dapat memiliki gejala yang mirip, keduanya sebenarnya berbeda. Berikut adalah perbedaan antara Rosacea dan jerawat:

Jenis kulit yang terkena Rosacea atau Jerawat: Rosacea umumnya terjadi pada orang dengan kulit sensitif dan cenderung lebih sering terjadi pada wanita. Jerawat dapat terjadi pada orang dengan jenis kulit apa pun, namun cenderung lebih sering terjadi pada remaja dan orang dewasa muda.

Penyebab Rosacea dan Jerawat yang berbeda: Meskipun penyebab Rosacea masih belum diketahui secara pasti, beberapa faktor yang telah dikaitkan dengan kondisi ini meliputi genetik, paparan sinar matahari dan suhu yang ekstrem, makanan pedas, alkohol, dan stres. Jerawat disebabkan oleh produksi sebum yang berlebihan, sel kulit mati yang menumpuk di pori-pori kulit, bakteri P.acnes yang terinfeksi, perubahan hormonal, dan faktor genetik.

Gejala Rosacea dapat termasuk kemerahan pada kulit wajah, terutama di pipi, hidung, dahi, dan dagu. Pada kasus yang lebih parah, bisa juga terjadi pembengkakan dan pembuluh darah yang terlihat jelas. Jerawat dapat terlihat sebagai komedo, papula, pustula, nodul, dan kista pada kulit. Perawatan yang berbeda: Perawatan Rosacea meliputi penggunaan obat topikal dan oral seperti antibiotik, serta perubahan gaya hidup seperti menghindari faktor pemicu dan menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Perawatan jerawat dapat meliputi penggunaan obat topikal dan oral seperti retinoid dan antibiotik, serta prosedur medis seperti terapi cahaya atau pengelupasan kimia.

Sedangkan Perbedaan Rosacea dan Jerawat
Untuk membedakan antara Rosacea dan jerawat dapat menjadi sulit karena keduanya memiliki gejala yang serupa. Namun, berikut adalah beberapa cara untuk membedakan keduanya:

Kemerahan pada kulit
Jika kemerahan terjadi pada pipi, hidung, dahi, dan dagu, maka bisa jadi itu Rosacea. Jika kemerahan terjadi pada area kulit yang terkena jerawat, maka kemungkinan itu jerawat.

Tidak adanya komedo
Rosacea biasanya tidak disertai dengan komedo seperti jerawat. Jika ada komedo, maka kemungkinan besar itu jerawat.

Tidak terasa sakit
Jerawat sering terasa sakit atau sensitif ketika disentuh, sedangkan Rosacea biasanya tidak terasa sakit.

Meskipun Rosacea dan jerawat memiliki gejala yang serupa, keduanya sebenarnya berbeda dan memerlukan perawatan yang berbeda pula.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment