Pemdes Bringsang Gelar Musdes Pertanggung Jawaban dan Peralihan Masa Jabatan Pengurus BUMDes

News, Sumenep98 Views

FALIHMEDIA.COM | GILIGENTING – Pemerintah Desa (Pemdes) Bringsang menggelar Musyawarah Desa (Musdes) terkait reorganisasi kepengurusan Badan Usaha milik Desa (BUMDes) Serunai Jingga sesuai dengan peraturan pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa, yang di selenggarakan di Pendopo Balai Desa Bringsang, Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep. Sabtu (23/7/2022) kemarin.

Acara tersebut di hadiri oleh Camat Giligenting, Kapolsek Giligenting, Koramil 0827/23 Giligenting, Tenaga Ahli dari Kabupaten Sumenep, Pendamping Desa, Kepala Desa Bringsang beserta perangkatnya, Tokoh Masyarakat dan juga perwakilan Masyarakat.

Kepala Desa Bringsang, Ahmad Muzakki dalam sambutannya menjelaskan bahwa adanya BUMDes bertujuan meningkatkan perekonomian desa dan meningkatkan pendapatan masyarakat desa dan Pendapatan Asli Desa (PAD).

“Dengan adanya acara pada hari ini, saya berharap kepada kandidat terpilih dalam pengurusan BUMDes Serunai Jingga dapat meningkatkan lagi kegiatan yang berbasis peningkatan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Giligenting, Abd. Said, S.Sos.I. M.Si dalam sambutannya mengatakan adanya BUMDes merupakan kebijakan pemerintah agar bagaimana Desa bisa mandiri.

“Dengan adanya BUMDes ini, juga nantinya diharapkan dapat menaikkan angka PADes (Pendapatan Asli Desa),” katanya.

Oleh karena itu, kata Camat Giligenting, dengan naiknya angka PADes, masyarakat nantinya tidak hanya terpaku pada dana bantuan yang diberikan oleh pemerintah.

“Dengan naiknya angka PADes pemerintah desa bringsang bisa menggunakan dana PADes tersebut, yang nantinya bisa menuai kesejahteraan bagi masyarakat desa bringsang,” ujarnya.

Selain itu, Ketua BUMDes Serunai Jingga, H. Sujibno melangsungkan laporannya bahwa BUMDes selama ini sudah melakukan berbagai macam fitur kegiatan yang sudah disajikan.

“Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ekonomi masyarakat, selama ini telah melakukan pengadaan tambak udang vaname, pembukaan usaha toko di wisata pantai 9, kemudian berlanjut pada pengadaan koperasi simpan pinjam dan beberapa item lainnya,” jelasnya.

Dari berbagai macam kegiatan tersebut, kata H. Sujubno mengindikasikan bahwa pemerintah desa bringsang betul-betul dan bersungguh-sungguh untuk dapat memajukan perekonomian masyarakat.

“Dari hasil kegiatan yang selama ini kami lakukan guna untuk menunjang dan memajukan perekonomian masyarakat desa bringsang,” pungkasnya.

Dari hasil Musyawarah Desa (MUSDes) tersebut memperoleh hasil reorganisasi ketua terpilih Mas Ari, Sekretaris Ahmad Murtado dan Bendahara Fathorrahman.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment