Munculkan Sastrawan Baru, Wabup Sumenep Apresiasi Lomba Baca Puisi Karya Bung Karno


FALIHMEDIA.COM | SUMENEP – Wakil Bupati Hj. Dewi Khalifah, mengatakan, melalui lomba baca puisi karya Presiden Pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno diharapkan, dapat memunculkan budayawan dan sastrawan baru yang mampu mengembangkan bakatnya hingga mampu berkarya dan dikenal seperti budayawan Nasional dari Kabupaten Sumenep, D. Zawawi Imron.

Pihaknya mengaku sangat mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online (PD IWO) Kabupaten Sumenep. Sebab, tidak banyak orang yang mampu berpuisi dengan baik, sehingga harus terus diasah agar mampu melakukan intonasi yang benar dan enak didengar.

“Karenanya, pembaca puisi harus memang orang yang menjiwai dan menyenangi puisi. Selain itu, juga dibutuhkan kemampuan dan kecerdasan intelektual yang tinggi,” ungkap Wabup pada pembukaan Lomba Baca Puisi Karya Bung Karno, Piala Bupati Sumenep, di Pendopo Agung Keraton Sumenep, Sabtu (24/06/2023) kemarin.

Untuk itu, Lomba Baca Puisi Karya Bung Karno ini, perlu mendapat dukungan dari seluruh elemen yang ada, sehingga di masa mendatang tetap lestari dan banyak diminati oleh generasi muda, serta senantiasa tetap menjaga budaya bangsa yang dimiliki.

“Syukurlah saat ini masih banyak anak-anak yang mencintai karya-karya bangsa Indonesia sendiri dan perlu terus diasah, agar terus berkembang dan memberikan manfaat di masa yang akan datang,” tambahnya.

Di akhir sambutannya Wabup Sumenep yang mengaku senang berpuisi sejak SD dan pernah meraih juara ini, membuktikan kebolehannya dengan membacakan puisi karangan Chairil Anwar, yang berjudul Persetujuan dengan Bung Karno. Hingga aksinya mampu memukau hadirin.

Sementara Ketua PD IWO Kabupaten Sumenep Imam Mustain Ramli menjelaskan, lomba baca puisi ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan Bulan Bung Karno. Karenanya, PD IWO Sumenep turut berpartisipasi dengan menggelar Lomba Baca Puisi Karya Bung Karno.

“Syukurlah berkat dukungan penuh dari semua pihak dan stakeholder terkait, sehingga segiatan ini berjalan dengan baik,” tandasnya.

Bahkan, diakui Imam, jika kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan yang digelar setiap Juni pada tahun-tahun mendatang.

Dan IWO sebagai organisasi profesi wartawan memiliki tanggung jawab turut membumikan pikiran-pikiran Bung Karno lewat tulisan maupun kegiatan-kegiatan kebudayaan yang tujuannya untuk membangun karakter dan kepribadian masyarakat.

“Keberhasilan Lomba Baca Puisi Karya Bung Karno ini, akan menjadi titik awal untuk kesuksesan kegiatan berikutnya,” pungkasnya. (Ren,Fer/Red/Falih Media)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment