Khasiat dan Manfaat Jamur Enoki Bagi Kesehatan

Jamur Enoki
Ilustrasi (Pexels)

FALIHMEDIA.COM – Jamur enoki merupakan salah satu spesies jamur yang tumbuh di Asia, pada zaman dulu jamur ini digunakan untuk mengatasi gangguan perut serta menjaga tekanan darah dan kesehatan organ hati. Jamur enoki juga merupakan salah satu jenis jamur yang sering manfaatkan sebagai pengobatan tradisional dari Tiongkok.

Jamur enoki mempunyai bentuk yang mirip dengan tauge putih, sehingga membuat jamur enoki mempunyai banyak manfaat dan khasiat yang diperoleh bagi kesehatan.

Bergizi
Jamur enoki merupakan jamur rendah kalori dan mempunyai banyak kandungan gizi, seperti vitamin B, mineral, antioksidan, niasin, thiamin, dan riboflavin, yang semuanya penting bagi fungsi otak.

Kandungan antioksidan yang ada pada jamur enoki sangat bermanfaat dan ber khasiat untuk menetralkan radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh dan juga melindungi dari penyakit kronis.

Baik untuk Jantung
Jamur enoki yang memanjang dan kecil juga mampu melindungi organ vital, ekstrak jamur enoki juga mampu mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan juga trigliserida yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kandungan serat jenis beta glukan yang terdapat pada jamur enoki bisa menurunkan kolesterol tinggi.

Memerangi Sel Kanker
Jamur enoki juga berpotensi menjadi obat kanker sebab, jamur enoki bisa menghambat pertumbuhan dan juga perkembangan sel kanker. Jamur enoki didapati bisa mengurangi kanker hati.

Selain itu, jamur enoki bisa menghambat sel kanker payudara, meskipun masih dibutuhkan pembelajaran lebih lanjut untuk memahami manfaat jamur enoki.

Tinggi Serat
Dalam satu porsi jamur enoki terdapat 1,8 gram serat, oleh karenanya, mengonsumsi jamur enoki sangat baik bagi kesehatan. Bahkan, menurut sebuah studi, mengonsumsi jamur enoki bisa melindungi dari kesehatan, seperti halnya sembelit dan juga wasir.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Kandungan senyawa protein yang terdapat di jamur enoki bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Jamur enoki juga efektif dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan juga mengurangi pertumbuhan tumor.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment