Cara Ampuh Mengatasi Cegukan

mengatasi-cegukan

FALIHMEDIA.COM – Cegukan terjadi ketika diafragma, otot yang terletak di bawah paru-paru, berkontraksi secara tiba-tiba. Kontraksi tersebut bisa menyebabkan suara “hik” yang biasanya terdengar ketika sedang makan atau minum.

Cegukan yang terjadi sesekali biasanya tidak perlu dikhawatirkan, namun jika cegukan berlangsung terus-menerus selama lebih dari dua jam, alangkah baiknya segera mencari pertolongan medis.

Tanda-tanda dan gejala yang harus diwaspadai ketika saat cegukan yang berlangsung terus-menerus bisa menjadi tanda dari beberapa kondisi kesehatan serius.

Berikut ini beberapa tanda dan gejala lainnya yang harus diwaspadai:

Nyeri pada dada

Kesulitan bernapas

Nyeri tenggorokan atau suara serak

Mual atau muntah

Sakit perut atau perut kembung

Demam atau sakit kepala


Jika saat cegukan mengalami beberapa gejala di atas dan cegukan berlangsung terus-menerus, sebaiknya segera mencari pertolongan medis.

Cegukan dapat disebabkan oleh beberapa faktor, berikut ini ulasannya:

Makan terlalu cepat atau terlalu banyak

Minum yang mengandung karbonasi

Menghirup udara terlalu cepat

Mengkonsumsi udut

Gugup atau stres

Menderita beberapa kondisi kesehatan, seperti gangguan saraf atau pencernaan.


Namun, jika cegukan terjadi terus-menerus, bisa menjadi tanda dari beberapa kondisi kesehatan serius, seperti:

Stroke: Cegukan yang disertai dengan pusing, leher kaku, kesulitan berbicara atau memahami, dan kesulitan berjalan bisa menjadi tanda dari stroke.

Kanker: Cegukan yang disertai dengan sakit perut, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, dan kesulitan menelan bisa menjadi tanda dari kanker pada saluran pencernaan atau paru-paru.

Biasanya cegukan akan berhenti dengan sendirinya, namun jika cegukan berlangsung terus-menerus selama lebih dari dua jam, bisa mencoba beberapa cara berikut untuk mengatasi cegukan:

Menelan air atau minuman lainnya dalam posisi jongkok

Menghirup udara dalam-dalam dan menahannya sejenak sebelum mengeluarkannya

Mengalihkan perhatian dengan melakukan aktivitas lain seperti berbicara dengan orang lain atau menonton televisi

Membuat perut terisi dengan makanan ringan seperti kerupuk atau biskuit

Menggunakan teknik relaksasi seperti meditasi atau pernapasan dalam-dalam


Cegukan adalah kondisi umum yang bisa dialami oleh siapa saja. Namun, jika cegukan berlangsung terus-menerus selama lebih dari dua jam dan disertai dengan tanda-tanda dan gejala lainnya seperti nyeri pada dada, kesulitan bernapas, dan mual, sebaiknya segera mencari pertolongan medis.

Cegukan juga bisa menjadi tanda dari beberapa kondisi kesehatan serius seperti stroke atau kanker, oleh karena itu penting untuk memahami tanda-tanda dan gejala lainnya yang harus diwaspadai.

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mengatasi cegukan, namun jika cegukan berlangsung terus-menerus dan tidak mereda, segera cari bantuan medis.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment