5 Khasiat Bengkoang bagi Kecantikan


FALIHMEDIA.COM – Bengkoang adalah salah satu buah yang sering digunakan sebagai bahan alami untuk merawat kulit, sehingga buah bengkoang ini dimanfaatkan secara alami untuk kecantikan pada wajah.

Kandungan air dalam bengkoang memiliki unsur anti-flamasi yang dapat membantu melembapkan kulit wajah. Terutama bagi kamu yang memiliki jenis kulit wajah kering.

Selain itu, kulit wajah pun menjadi lebih segar jika kamu menggunakan masker dari bahan bengkoang secara rutin.

Bengkoang adalah buah yang memiliki banyak manfaat untuk kulit, seperti mencerahkan, melembapkan, mengencangkan, menyembuhkan, dan menyegarkan. Anda bisa menggunakan bengkoang dengan berbagai cara, seperti masker, toner, atau kompres.

Mencerahkan Kulit
Bengkoang mengandung vitamin C yang dapat membantu mencerahkan kulit dan menghilangkan noda hitam. Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas dan kerusakan akibat sinar UV. Selain itu, bengkoang juga mengandung flavonoid yang dapat menghambat produksi melanin, pigmen yang menyebabkan kulit gelap.

Cara menggunakan bengkoang untuk mencerahkan kulit adalah dengan menghaluskannya dan mengoleskannya pada wajah atau tubuh selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Melembapkan Kulit
Bengkoang juga dapat melembapkan kulit karena mengandung air yang cukup banyak. Air bengkoang dapat membantu menjaga kelembaban dan elastisitas kulit, serta mencegah dehidrasi dan keriput.

Cara menggunakan bengkoang untuk melembapkan kulit adalah dengan memeras airnya dan menyemprotkannya pada wajah atau tubuh secara rutin. Anda juga bisa mencampur air bengkoang dengan madu atau minyak zaitun untuk hasil yang lebih maksimal.

Mengencangkan Kulit
Bengkoang juga dapat mengencangkan kulit karena mengandung vitamin B1 dan B2 yang dapat meningkatkan produksi kolagen, protein yang bertanggung jawab untuk menjaga kekencangan dan kekenyalan kulit. Kolagen juga dapat memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan mencegah penuaan dini.

Cara menggunakan bengkoang untuk mengencangkan kulit adalah dengan membuat masker dari bengkoang, putih telur, dan tepung beras. Oleskan masker tersebut pada wajah atau tubuh selama 20-30 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Menyembuhkan Luka
Bengkoang juga dapat menyembuhkan luka karena mengandung saponin, senyawa yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Saponin dapat membantu meredakan peradangan, infeksi, dan iritasi pada kulit yang luka, serta mempercepat proses penyembuhan dan regenerasi sel kulit baru.

Cara menggunakan bengkoang untuk menyembuhkan luka adalah dengan menempelkan irisan bengkoang pada luka selama beberapa menit, kemudian ganti dengan irisan baru sampai luka kering.

Menyegarkan Kulit
Bengkoang juga dapat menyegarkan kulit karena memiliki efek pendingin dan menenangkan. Bengkoang dapat membantu mengurangi rasa panas, gatal, kemerahan, dan bengkak pada kulit yang terbakar matahari, alergi, atau gigitan serangga. Bengkoang juga dapat memberikan sensasi segar dan nyaman pada kulit yang lelah dan stres.

Cara menggunakan bengkoang untuk menyegarkan kulit adalah dengan menyimpannya di kulkas terlebih dahulu, kemudian menggosok-gosokkannya pada wajah atau tubuh yang membutuhkan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment