Viral: Calon Haji Lansia Asal Kabupaten Sumenep Tersesat di Mekkah

FALIHMEDIA.COM | SUMENEP – Sebuah video yang viral di media sosial memperlihatkan seorang jemaah calon haji asal Sumenep, Jawa Timur, tersesat di Mekkah. Jemaah itu terlihat kebingungan dan mengira dirinya masih berada di kota asalnya.
 
Belum diketahui pasti lokasi dalam video tersebut, namun diduga pria tersebut sedang berada di Mekkah. Video berdurasi 60 detik itu menunjukkan salah satu jemaah haji yang lepas dari rombongan dan berjalan sendirian.
 
Dalam video itu, Jemaah berusia 60 tahun itu mengaku akan pulang ke daerah Kecamatan Manding, Kabupaten Sumenep.
 
Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumenep Chaironi Hidayat membenarkan bahwa sosok yang ada dalam video itu merupakan jemaah haji asal Kabupaten Sumenep.
 
Jemaah bernama Bunidin itu sempat lepas dari rombongan, sehingga mengira pulang dari masjid di kampungnya. Bunidin kini sudah dijemput oleh pendamping haji.
 
“Kejadiannya sekitar pukul 00.00 waktu di sana (Mekkah), tapi langsung dijemput oleh tim pendamping haji,” kata Chaironi, Selasa (30/5/2023) kemarin.
 
Chaironi menjelaskan, aturan pendampingan pada penyelenggaraan haji tahun 2023 ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.
 
Sebelumnya, pengawasannya bisa dilakukan oleh sesama jemaah yang masih ada ikatan keluarga. Di tahun ini, jemaah yang satu keluarga tapi mendapatkan kelompok terbang (kloter) yang berbeda, tidak bisa bersama.
 
Di tengah aturan yang baru itu, pendamping dari Kemenag harus ekstra mengontrol jemaahnya.
 
“Makanya kami minta para ketua regu untuk bertanggung jawab penuh terhadap 40 jemaahnya, harus dikontrol setiap saat,” kata dia.
 
Selain itu, ia juga berharap para jemaah yang masuk dalam satu regu untuk saling jaga satu sama lain. Kendati tak ada ikatan keluarga, saling peduli juga diharapkan agar aktivitas ibadah di Tanah Suci berjalan lancar.
 
“Intinya saling jaga juga satu sama lain, karena dari awal kami sudah sering mengingatkan pentingnya saling saja terutama yang satu regu itu,” pungkasnya.
  Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber falihmedia.com

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon