Resep Nugget Pisang Goreng Crispy

Food54 Views

FALIHMEDIA.COM – Cemilan kekinian resep nugget pisang crispy bisa menjadi hidangan homemade kejutan untuk anggota keluarga di rumah juga enak buat pilihan bekal, bahkan kreasi cara membuat pisang goreng yang renyah kriuk ini bisa menambah variasi untuk jualan yang unik namun sederhana, mudah dan cukup praktis.

Tak hanya itu kombinasi cita rasa seperti coklat dan keju juga bisa kita tambahkan agar meningkatkan daya tarik aneka rasanya.

Mudah dan praktis, pisang yang digunakan adalah pisang yang sudah matang. Jenis pisang raja yang benar-benar sudah matang, kepok, tanduk, ambon, uli maupun aneka macam pisang lainnya termasuk pisang nangka tentunya juga bisa menjadi rekomendasi.

Meskipun hanya berbahan sederhana dan praktis cara bikinnya, kita dapat menyajikan cemilan yang enak dan lezat.

Pisang matang yang dihancurkan atau dilumatkan seperti bubur membuatnya lembut didalam, baluran tepung panir atau tepung roti membuat nugget pisang crispy atau pasir menjadi renyah kriuk setelah digoreng.

Bahan nugget pisang:
500 gram pisang matang

20 gram gula pasir

20 gram susu bubuk

30 gram tepung terigu

1 butir telur, kocok lepas

1/4 sdt garam

Bahan baluran:
Tepung panir kasar secukupnya

Secukupnya tepung terigu dilarutkan dengan air, aduk rata tapi jangan terlalu encer.

Cara membuat nugget pisang crispy:
Gunakan pisang yang sudah matang, kali ini menggunakan pisang nangka yang memiliki ciri khas rasa manis yang dominan namun sedikit asem segar serta juga beraroma harum.

Kita juga dapat menggunakan macam-macam pisang matang lainnya sesuai selera, yang tentunya jenis pisang yang berasa enak dan manis.

Keluarkan pisang dari kulitnya, masukkan dalam sebuah wadah lalu hancurkan dengan menggunakan gelas hingga lembut layaknya bubur.

Setelah lembut, masukkan gula pasir, susu bubuk, terigu, garam dan kocokan telur, kemudian aduk dengan sendok hingga adonan merata.

Siapkan loyang, alasi dengan dengan daun pisang sebagai tips dan trik agar nantinya setelah matang adonan nugget pisang mudah dikeluarkan dari cetakan.

Jangan lupa panaskan kukusannya.

Masukkan adonan ke dalam cetakan yang sudah dipersiapkan, kemudian masukkan ke dalam kukusan yang sudah panas.

Kukus selama 25 menit hingga adonan matang, selanjutnya biarkan adonan dingin.

Setelah adonan dingin, berikutnya keluarkan adonan dari dalam cetakan serta potong-potong nugget dengan bentuk sesuai keinginan.

Balurkan atau celupkan potongan nugget pisang tadi ke dalam larutan terigu secara merata, lalu gulingkan pada tepung panir hingga rata. lakukan terhadap semua potongan nugget hingga selesai.

Setelah beres, masukkan adonan dalam sebuah wadah tertutup lalu simpan dahulu dalam kulkas.

Tahap terakhir nugget pisang telah siap untuk digoreng dalam minyak panas sampai berwarna kuning keemasan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment