Peringati Hari Lingkungan Hidup, DLH Sumenep Tanam Ratusan Pohon dan Lepas Burung

News, Sumenep48 Views

FALIHMEDIA.COM | SUMENEP – Memperingati Hari Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumenep menggelar kegiatan Tanam 500 Pohon dan Lepas 300 Burung sebagai wujud peduli lingkungan.

Kegiatan dari Corporate Social Responsibility (CSR) PT. PLN ini digelar di Taman Bunga, Alun-alun Sumenep, Minggu (11/6/2023) usai Touring 20km sepeda dan sepeda motor listrik.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumenep Arif Susanto menjelaskan penanaman ratusan pohon tersebut meliputi 100 pohon Tabebuya, 400 Pohon Pucuk Merah dan 6 Pohon Mimba.

“Ditambah pohon mimba atau dikenal pohon Soekarno karena sekarang tahun Soekarno sesuai permintaan Bupati. Secara simbolis penanaman dilakukan oleh Bupati Sumenep Achmad Fauzi dan Direktur PT. PLN Persero,” jelas Arif.

Selain penanaman pohon, 300 burung jenis Perkutut juga dilepas secara simbolis. Hal itu dilakukan karena di Taman Bunga banyak Burung Perkutut berterbangan dan menjadi ikonik di alun-alun.

Tidak hanya itu dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Dunia, DLH Sumenep juga melakukan rangkaian kegiatan seperti mengumpulkan sampah di beberapa pantai.

“Kami bersih-bersih pantai, mengumpulkan sampah di Pantai Matahari di Desa Lobuk, dan Pantai di Gili Labak,” ungkapnya.

Dari hasil bersih Pantai, tim dari DLH Sumenep mengumpulkan sampah plastik di Pantai Matahari Desa Lobuk sekitar 400kg dan 380kg dari Gili Labak.

“Sementara dua pantai itu dulu karena pantai tersebut sekarang menjadi jujukan wisatawan. Selanjutnya akan dilakukan restorasi pantai lagi pada penggunaan anggaran APBD,” papar Arif.

Fokus pada wisata Gili Labak, Arif mengaku pantai yang kini dilirik wisatawan ini, perlu banyak dilakukan pembenahan selain turut membersihkan sampah.

“Karena Gili Labak banyak wisatawan kesana. Untuk mengembangkannya, kami akan lakukan transplantasi terumbu karang, pembuatan rambu laut serta tempat pengolahan sampah plastik,” katanya dengan antusias. (Gita Larasati, Udiens, Syafika Auliyak/Red/Falih Media)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment