Ketua GMI Wilayah Jatim Lakukan Nyalaseh ke Phuju’ Konengan Giligenting

Budaya, SosBud52 Views

FALIHMEDIA.COM | GILIGENTING – Ketua Gelora Muda Indonesia (GMI) wilayah Jawa Timur (Jatim) terus berupaya mentradisikan dan menghidupkan ‘Nyalaseh‘ ke Phuju’ para Wali.

Kegiatan yang saat ini sudah mulai pudar di tengah-tengah para pemuda bahkan di tengah-tengah masyarakat, harus kembali di hidupkan, baik ke Phuju’ para wali maupun keluarga dan orang tua yang sudah tiada.

Ketua GMI wilayah Jawa Timur, Ahmad Fahrisi, M.Pd mengatakan ditengah perkembangan teknologi yang semakin canggih sudah sepatutnya kita mempertahankan tradisi yang saat ini jarang kita temukan.

“Guna untuk mempertahankan tradisi seperti ziarah kubur, kita sebagai pemuda yang hidup ditengah perkembangan teknologi harus membuat gebrakan terhadap para pemuda,” kata Ketua GMI wilayah Jatim yang juga Bacaleng dari Partai Gelora dapil 2 Sumenep, Ahmad Fahrisi saat diwawancara Falihmedia.com pada Selasa (6/6/2023).

Saat ini, jelas Fahrisi masyarakat melakukan ziarah hanya pada waktu-waktu tertentu, seperti Nisfu Sya’ban dan Idul Fitri.

“Kebanyakan masyarakat melakukan ziarah kubur pada waktu-waktu tertentu, apalagi para pemuda yang saat ini sudah kecanduan gadget, ya tidak sama sekali,” jelasnya.

“Kalau di giligenting sendiri, yang saya ketahui hanya di Desa Gedugan yang setiap minggunya aktif melakukan ziarah kubur,” lanjutnya.

Di singgung mengenai manfaat ziarah kubur, pemuda yang lulusan S2 di IAIN Madura ini mengatakan bahwa dengan ziarah kubur guna untuk melunakkan hati dan mengingat kematian.

“Sebagai mana hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Hakim bahwa, Sesungguhnya ziarah kubur dapat melunakkan hati, menitihkan air mata dan mengingat pada akhirat,” paparnya.

Lebih lanjut, Fahrisi mengungkapkan untuk menghidupkan kembali tradisi ziarah kubur ditengah-tengah masyarakat dan para pemuda harus dimulai dari diri kita sendiri agar nantinya menjadi contoh bagi mereka.

“Ya selain itu, kita juga perlu sosialisasikan mengenai hal tersebut dan yang terpenting kita sebagai pemuda yang sadar dengan hal tersebut jangan pernah lelah,” pungkasnya. (Mo,Rif/Falih Media)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment