Sains  

Fenomena Langit Gerhana Matahari di Indonesia Akan Muncul Jelang Lebaran 2023


FALIHMEDIA.COM – Bulan April tahun ini yang bertepatan dengan Bulan Suci Ramadhan akan terjadi sebuah fenomena langit yang cukup unik, yaitu Gerhana Matahari.

Gerhana Matahari adalah peristiwa di mana Bulan menghalangi cahaya Matahari sehingga tidak semua cahaya bisa sampai ke Bumi.

Kepala Pusat Riset Antariksa BRIN, Emanuel Sungging menyebutkan jika pada 20 April 2023 nanti akan ada Gerhana Matahari Hibrid.

Menariknya, fenomena langit Gerhana Matahari Hibrid di tahun ini akan terjadi 2 hari sebelum Lebaran 2023 atau sebelum Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Gerhana matahari yang akan terjadi ini disebut Hibrid atau hybrid karena dapat diamati dalam dua bentuk fenomena berbeda di satu waktu yang sama, tergantung dari lokasi pengamat.

Kejadian tersebut disebabkan oleh bentuk kelengkungan Bumi, sehingga Gerhana Matahari Hibrid terdiri dari dua tipe gerhana, yakni Gerhana Matahari Cincin dan Gerhana Matahari Total.

Mengutip dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) oleh SURABAYA INSIDER pada Sabtu, 8 April 2023, terdapat tiga macam bayangan Bulan yang terbentuk saat Gerhana Matahari Hibrid, yaitu antumbra, penumbra, dan umbra.

Di wilayah yang terkena bayangan Bulan antumbra, gerhana yang teramati berupa Gerhana Matahari Cincin.

Sementara di wilayah yang terlewati bayangan Bulan penumbra, gerhana yang teramati berupa Gerhana Matahari Sebagian.

Kemudian, di daerah tertentu lainnya yang terkena bayangan Bulan umbra, gerhana yang teramati berupa Gerhana Matahari Total.

Diperkirakan Gerhana Matahari Hibrid tersebut akan terjadi selama 185 menit sejak kontak awal hingga akhir.

Apabila diamati dari Jakarta, Gerhana Matahari Hibrid akan berlangsung selama 2 jam 37 menit dari kontak awal hingga akhir.

Sementara, jika diamati dari Biak, Papua maka durasi fase matahari tertutup total berlangsung selama 58 detik.

  Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber falihmedia.com

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon