Akibat Hujan Lebat, Pohon Asem Tumbang Lumpuhkan Akses Jalan Desa Galis

Proses Evakuasi Pohon Asem Jalan Raya Galis, Kecamatan Giligenting, Pemdes Galis bersama Kapolsek, Danramil dan juga Masyarakat Dusun Bundan Lao' (Foto: Muhammad Ali Akbar Pemdes Galis)
FALIHMEDIA.COM | GILIGENTING – Intensitas curah hujan cukup lebat yang terjadi pada Rabu (25/1/2023) kemarin malam mengakibatkan pohon asem tumbang tutupi badan jalan di sepanjang jalan Desa Galis, Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep.
 
Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 20.30 WIB, dan di ketahui pohon tumbang oleh warga sekitar pukul 05.00 WIB.
 
Kepala Desa Galis, H. Akhmad Safri Wiarda mengatakan terjadinya pohon tumbang tersebut akibat hujan lebat.
 
“Selain curah hujan yang cukup lebat, juga pohon yang usianya cukup tua dan akarnya juga sudah tidak kuat,” kata Kades Safri saat ditemu Falihmedia.com di lokasi kejadian. Kamis (26/1/2023).
 
Menurut Safri kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, namun akses jalan raya desa Galis sembat lumpuh.
(Dok) Muhammad Ali Akbar – Polsek Giligenting, Danramil dan juga Kepala Desa Galis, Evakuasi Pohon Tumbang Dusun Bundan Laok.
“Hujan terjadi sejak pukul 18.30 WIB sampai pukul 20.30 WIB dan terjadi di dusun bundan lao’,” ujarnya.
 
Safri juga menjelaskan bahwa pohon tumbang peninggalan Belanda yang menimpa badan jalan tersebut berhasil di evakuasi sekitar pukul 08.30 WIB.
 
“Kami bersama Kapolsek, Danramil serta warga langsung membersihkan pohon yang tumbang dengan menggunakan gergaji mesin,” jelasnya.
 
Safri juga menghimbau, masyarakat untuk tetap waspada dan siaga dalam mengantisipasi datangnya bencana di musim penghujan yang tak menentu kali ini.
 
“Seperti membersihkan saluran drainase di lingkungan untuk mencegah terjadinya genangan air dan juga melakukan perambasan pohon guna untuk mencegah pohon tumbang,” pungkasnya.
  Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber falihmedia.com

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon